Imakano - Chapter 10 ~ Prolog End

ReanS

Chapter 10 – Deklarasi Perang

Saat aku masih kelas dua SMP, Asatani-san pindah ke kelas berikutnya.

Dia dulu tinggal di Kanagawa.

Dia pindah ke sini karena pekerjaan orang tuanya.

Asatani-san menjadi pusat perhatian, sampai-sampai rumor semacam itu sampai ke kelas sebelah.

Tepat setelah memperkenalkan dirinya, kelas meledak dengan sorak-sorai.

Tidak hanya kelas lain, tetapi semua orang dari tahun pertama dan ketiga juga datang untuk melihat Asatani-san.

Dia sangat cantik sehingga peristiwa fiksi seperti itu benar-benar terjadi.

Banyak klub berjuang untuknya, tapi Asatani-san bergabung dengan klub astronomi.

Aku kemudian mendengar bahwa dia tidak punya pilihan selain memilih kegiatan klub yang membutuhkan lebih sedikit waktunya karena dia telah menjadi anggota sekolah pelatihan perusahaan teater pada waktu itu.

Aku juga memiliki hal lain untuk dilakukan setelah sekolah, jadi aku memilih untuk bergabung dengan klub membaca, yang hanya memiliki satu hari kegiatan dalam seminggu.

Ruang klub astronomi adalah ruang persiapan perpustakaan, dan ruang klub membaca adalah perpustakaan.

Para presiden klub, yang satu generasi di atas kami, menjadi teman dan mulai berinteraksi satu sama lain selama kegiatan klub.

Sebagian besar anggota dari kedua klub adalah perempuan, jadi meskipun Asatani-san memiliki hubungan dengan gadis-gadis di klub membaca dan berbicara dengan mereka, dia tidak pernah bertukar kata denganku.

Pertama kali aku berbicara dengannya adalah di pesta pengamatan hujan meteor yang diusulkan oleh klub astronomi.

Aku dibawa sebagai penangan bagasi, dan presiden klub astronomi memintaku untuk membawa teleskop ke puncak bukit yang merupakan tempat pengamatan.

Tidak ada masalah dengan aku membawa teleskop sendiri, tetapi ada anggota klub astronomi yang membantuku mungkin karena aku terlihat seperti sedang berjuang.

Itu Asatani-san.

Dia masih mengenakan seragam sekolah saat pesta observasi berlangsung di sekolah.

Tentu saja, dia sedikit mengeluh kepada anggota klub lain yang datang dengan pakaian kasual.

Asatani-san adalah orang pertama yang tertarik padaku, karena aku, seperti dia, mengenakan seragam ke sekolah.

Kupikir semua orang akan berseragam. Aku cenderung sering absen untuk kegiatan klub, jadi aku akan sangat menghargai jika diberitahu tentang hal seperti ini…”

Kami seperti sudah berteman lama, begitulah jarak antara kami dari awal.

Rambutnya, yang masih sebahu, diikat dengan kuncir pendek di kedua sisi kepalanya, dan bayangan dia berbicara kepadaku untuk pertama kalinya masih muncul di benakku seperti kilas balik.

Aku lega melihat orang lain memikirkan hal yang sama. Manda-kun… Benarkah?”

“Na- Nagito… Senda…”

“Nagito-kun? Itu nama yang agak tidak biasa. Apa kamu tahu namaku?”

Aku tahu, atau lebih tepatnya, itu telah diberitahu kepadaku melalui teman-teman dan desas-desus di sekitarku.

Tidak akan mengejutkan jika aku tahu nama Asatani-san yang terkenal itu.

“Um… Asatani-san, kan?”

"Ya itu betul. Apakah aku benar-benar terkenal?”

Dia tidak bertujuan untuk apa pun, itu hanya reaksi yang tulus.

Dia bahkan tidak menyadari bahwa dia telah mendominasi sebagian besar percakapan di sekolah segera setelah dia pindah.

Bukan hal yang aneh baginya untuk menemukan surat cinta di kotak sepatunya atau didekati oleh anak laki-laki dalam perjalanan ke dan dari sekolah.

Baru setelah liburan musim panas situasi seperti itu muncul.

Ini karena sejak dia pindah ke sekolah baru di musim semi hingga musim panas, dia dianggap sebagai gadis cantik yang menarik perhatian tetapi pada saat yang sama sulit untuk didekati.

Aku tahu Asatani-san adalah orang yang ceria, tapi aku tidak menyangka dia memiliki ekspresi ramah seperti itu di wajahnya, jadi aku bingung.

"Oh, tapi aku mungkin akan segera menjadi sangat terkenal."

“Eh…?”

“Yah, aku belum terlalu terkenal. Maaf, maaf, lupakan itu”

Dia sudah memiliki getaran khusus tentang dirinya, karena dia telah menghadiri sekolah pelatihan teater sejak SD dan dia juga telah dibina di jalan.

Tidak mengetahui semua itu, saat aku membawa teleskop ke atas bukit, aku berkata,

“Yah… kupikir hal seperti itu sangat mungkin dilakukan dengan Asatani-san…”

“Eh, benarkah? Apa kamu benar-benar berpikir begitu? Dari pembicaraan kita tadi, bukankah aku biasa saja?”

Dia bilang dia normal, dan Asatani-san itu tidak berubah dari dulu hingga sekarang.

Bakatnya pasti tumbuh melalui usahanya.

Fakta bahwa dia mendapatkan popularitas nasional saat masih di SMP tidak hanya karena kecantikannya, tetapi juga karena kemampuan akting tingkat tinggi yang dia miliki.

Tapi aku menyadari itu masih mimpi yang menjadi kenyataan baginya saat itu.

Suatu hari, dia ingin menjadi terkenal, dikenal banyak orang.

Jadi dia bekerja keras untuk mencapai tujuan itu tetapi tidak pernah mengungkapkan usahanya kepada orang-orang di sekitarnya.

"Ne, ne, apa yang memberimu gagasan bahwa itu mungkin?"

“Yah, itu…”

Karena kamu sangat imut…

Tapi aku di tahun kedua SMP tidak bisa mengatakan itu.

Bahkan sekarang, aku belum menumbuhkan keberanian sebanyak itu.

“Senda-kun. Katakan saja apa yang terlintas di pikiranmu. Tidak apa-apa, aku tidak akan marah”

“Eh… yah…”

Kalau saja aku bisa mengatakannya saat itu, tidak peduli betapa memalukannya itu.

Aku yakin jika aku melakukannya, aku tidak akan melihat tatapan yang dia berikan padaku selanjutnya.

"Apa yang kulakukan? Aku berbicara terlalu banyak sepihak, bukan? Maaf aku sudah sangat mengganggu”

“…. Tidak, itu sama sekali tidak mengganggu atau semacamnya. Aku masih seperti orang asing di klub, jadi aku senang kamu berbicara denganku

“Ah, aku tahu itu… Tapi presiden klub kami sepertinya senang bisa mengandalkanmu. Dia bilang akan menyenangkan jika kita memiliki anak laki-laki di klub kita juga”

Aku tidak akan tahu tentang itu kecuali dia memberi tahuku tentang hal itu.

Asatani-san, yang telah memberitahuku tanpa bertele-tele, terlihat sedikit berbeda pada saat itu.

“Oh, itu benar… aku seharusnya membantu Senda-kun. Kami berdua mengenakan seragam, jadi mari lakukan yang terbaik”

“Tapi, aku akan baik-baik saja sendiri…”

“Oh, kamu masih mengatakan itu ketika kita sudah bekerja bersama? Ini akan menjadi sepotong kue dengan cara ini”

Dia merasa sedih mengatakan bahwa dia telah berbicara terlalu banyak sebelumnya, tetapi dia sudah bersemangat sekarang.

Leluconnya membuatku berpikir bahwa dia cukup berani, meskipun aku belum pernah berbicara dengannya sebelumnya hari ini.

Aku akan memberitahu semua orang di klub nanti bahwa kami membawa teleskop sebagai upaya bersama. Dengan begitu, kamu mungkin bisa bergabung dengan aktivitas kami”

Ternyata, Asatani-san benar-benar memenuhi janjinya, dan itu diterima dengan baik oleh semua orang di klub.

Aku tidak bisa tinggal sampai puncak hujan meteor, tapi aku masih bisa melihatnya sedikit.

Aku masih menyimpan videonya sejak saat itu.

Jika bukan karena interaksi antara klub membaca dan klub astronomi, tidak akan ada kontak antara Asatani-san dan aku.

Setiap beberapa minggu sekali, pada beberapa kesempatan itu, kami tertarik satu sama lain hanya dengan bertukar kata.

Tapi sepertinya hanya aku yang berpikir begitu.

Lambat laun, perasaanku semakin kuat.

Aku takut akhirnya aku tidak mengungkapkan perasaanku padanya saat hari kelulusan tiba.

Pada hari terakhir sekolah, aku mampir ke perpustakaan, yang merupakan ruang klub klub membaca.

Aku melihat Asatani-san.

Kupikir itu hanya kebetulan bahwa aku melihatnya di sana, karena dia harus pergi ke pesta kelulusan dengan teman-temannya.

Sampai aku mengaku padanya, yang bisa kupikirkan hanyalah kebahagiaan bisa bersekolah di SMA yang sama sebagai pacar dan pacarnya.

Jika aku diterima, aku bisa menempati posisi 'pacarnya', meskipun kami jarang berbicara karena berada di kelas yang berbeda.

Itu semua adalah ekspresi dari keegoisanku sendiri.

Aku tidak ingin melihat Asatani-san dan orang lain berjalan berdampingan suatu hari nanti.

Itu adalah keinginan yang posesif dan tidak sabaran dan aku ingin berada di depan siapa pun yang akan dia temui di masa depan.

“Aku menyukaimu, Asatani-san”

Kami baru saja menyelesaikan percakapan santai di perpustakaan, ketika aku tiba-tiba mengatakan ini padanya.

Asatani-san terkejut.

Itu bukan tatapan bingung, juga bukan tatapan bertanya-tanya tentang apa yang aku katakan tiba-tiba.

Dia tersenyum seperti biasanya.

Aku merasa terpesona, tidak menyadari bahwa itu dimaksudkan untuk 'teman'-nya.

"Saya tahu"

Itu jawabannya.

"Kamu menyukaiku, jadi ayo kita keluar"

Asatani-san tidak pernah mengatakan hal seperti itu.

Dia telah menyadari perasaanku untuk sementara waktu, dan dia hanya menganggukkan kepalanya ketika aku memberitahunya.

“Kita satu sekolah di SMA yang sama. Tolong jaga aku”

Setelah bertukar LINE denganku, Asatani-san meninggalkan perpustakaan, terlihat malu.

Aku mengeluarkan satu teriakan kegembiraan yang tak terdengar.

Aku bertanya-tanya apakah aku bisa bahagia seperti ini.

Kupikir bahkan jika aku mati pada hari berikutnya aku tidak akan menyesal.

Tidak ada perasaan yang terbuang sia-sia.

Cinta bisa bermanfaat.

Tapi pikiran dan perasaan seperti itu, semuanya…

Sekarang aku memikirkannya, Asatani-san dan aku berpisah tanpa insiden apapun, dan sekarang… 

Takane-san bertanya apakah aku masih lajang sekarang.

Aku tidak bisa melihat Asatani-san karena aku tidak bisa berpaling dari Takane-san.

Dalam waktu singkat kami bersama, aku hanya bisa memberi tahu Asatani-san sebagian dari apa yang kupikirkan.

Bahkan ketika aku dicampakkan, aku mencoba menenangkan diri dan menyelesaikannya.

Aku tidak ingin membuat diriku lebih sengsara dengan mengetahui alasannya.

Cintaku padanya telah kehilangan maknanya.

Aku tahu itu tapi aku tidak menghadapinya.

Itu harus berakhir sekarang.

Tidak peduli betapa tidak kerennya membicarakan mengapa aku gagal sebagai pacar.

“Saat ini, aku masih lajang. Aku mengaku pada Asatani-san sekali, dan dia berkata ya... Tapi aku- aku terbawa oleh diriku sendiri”

Aku belum mengatasinya.

Aku hampir tidak bisa menahan suaraku agar tidak gemetar.

“Asatani-san tidak bisa melihatku sebagai pacar… Itu masuk akal, aneh memiliki pacar yang menggunakan gelar kehormatan sepanjang waktu, kan?”

Aku ingin mereka menertawakanku dan bercanda bahwa aku telah melakukan kesalahan besar.

Tapi tak satu pun dari mereka tertawa, bahkan ekspresi kasihan pun tidak melintas di mata mereka, dan Takane-san menatap mataku saat dia mendengarkan.

“Aku tidak bisa menjadi pacarmu, tapi aku bisa menjadi temanmu. Itu hanya akan kembali ke cara kita di SMP

Aku akan berpura-pura bahwa hubungan kita tidak pernah terjadi.

Aku hanya ingin melupakan bahwa aku pernah jatuh cinta dan membuat perasaanku nol padanya.

Kuharap pembicaraan ini tidak terlalu berat untuk Asatani-san dan juga Takane-san yang bertanya padaku.

"...... Apakah itu sebabnya kalian berdua putus?"

Takane-san menatap Asatani-san.

Asatani-san tidak mengubah ekspresinya, dan hanya menghadap Takane-san.

“Jika demikian, bagaimana menurutmu, Takane-san?”

"Aku…"

Takane-san tidak bisa langsung menjawab.

Asatani-san menatapnya, tersenyum, dan berjalan ke arahku.

“Aku mengenal Nagi-kun lebih baik daripada Takane-san, dan kupikir kami rukun. Hanya karena aku mencampakkanmu, bukan berarti kamu sangat membenciku sehingga kamu bahkan tidak ingin melihatku, kan?”

“Aku tidak berpikir seperti itu sama sekali…”

“Begitu… Kamu sangat baik, kan, Nagi-kun?”

Asatani-san tersenyum saat dia mengatakan itu.

Kemudian, dia bergerak lebih dekat ke arahku daripada aku ke Takane-san, seolah-olah ini adalah jarak 'teman'.

“Kalau begitu tidak apa-apa jika aku meminjam Nagi-kun mulai sekarang, kan?”

Pertanyaan itu ditujukan pada Takane-san.

Takane-san dan aku bahkan belum berteman.

Kami berada di kelas yang sama, dan kami baru pertama kali berbicara kemarin.

Sama sekali tidak benar untuk menekannya ketika kami masih dalam hubungan seperti itu.

Itu sebabnya aku tidak bisa pergi bersamanya.

Asatani-san dan aku tidak memiliki jenis hubungan yang memungkinkan kami pergi ke suatu tempat bersama sepulang sekolah.

“Asatani-san, aku…”

“Kamu tidak bisa”

Takane-san berkata, menyela kata-kataku.

Orang yang ditanyakan Asatani-san adalah Takane-san.

Masuk akal jika dia akan menjawab.

Tapi jawabannya adalah sesuatu yang baik aku, maupun aku yakin Asatani-san juga, tidak bisa bayangkan.

Tiba-tiba, Takane-san menarik napas, dan kemudian,

(……!)

Dia mengambil tanganku.

Dia kemudian menoleh ke Asatani-san dan berkata,

“Asatani-san adalah 'mantan pacar' Senda-kun, benarkah itu?”

"Ya jadi?"

Asatani-san masih tersenyum.

Tapi ada sedikit ketegangan dalam jawaban singkatnya.

Kedengarannya seperti dia sedang panik.

Takane-san menatapku.

Aku juga menatapnya, sementara tangan kami masih terikat.

Untuk sesaat, dia tampak seperti dalam keadaan ragu-ragu.

Tapi kemudian, cengkeramannya di tanganku semakin erat.

Dia mengatakan sesuatu yang tidak akan pernah kubayangkan dalam mimpi terliarku.

"Mulai sekarang, aku yang akan berkencan dengan Senda-kun, jadi aku adalah 'pacarnya saat ini'."

 
Suara dari klub atletik yang datang dari luar jendela.

Bunyi lonceng yang menandakan waktu.

Mereka semua terdengar jauh.

“………”

Asatani-san memalingkan muka dari Takane-san.

Bibirnya tampak bergerak, tapi aku tidak tahu apakah dia mengatakan sesuatu.

Dia menyingkir untuk memberi jalan bagi kami.

Takane-san kemudian menatapku, seolah dia takut.

Itu sama seperti ketika dia mengikuti dan mencengkeram ujung seragamku saat kami berjalan bersama.

Pasti butuh keberanian untuk mengatakan 'pacar saat ini'.

Aku yakin dia khawatir.

Aku ingin membuat kekhawatiran itu sedikit lebih ringan untuk saat ini.

“Ayo pergi, Takane-san. Asatani-san, sampai jumpa lagi”

“… Se-Senda-kun…”

Aku berjalan keluar dari perpustakaan, membawa Takane-san bersamaku.

Saat kami berpapasan, Asatani-san pasti tersenyum.

Dia tidak mengatakan sepatah kata pun dan memberi kami lambaian kecil.


Prev || Index || Next

Komentar