Imakano - Chapter 11 ~ Act I

ReanS

 

Chapter 11 – Kesalahpahaman dan Perspektif Kiri

Aku keluar dari perpustakaan tanpa berhenti.

Sinar matahari yang masuk melalui jendela sudah mulai berubah warna menjadi jingga.

Suara lonceng sudah tidak terdengar untuk beberapa waktu sekarang.

Saat aku mendekati tangga, aku mendengar suara seorang siswa dari bawah.

Aku menyadari bahwa aku masih memegang tangan Takane-san.

"Ma-maaf…"

Saat aku melepaskan tangannya, Takane-san dengan lembut menarik tangannya, dan matanya jatuh.

Lalu dia berkata dengan suara kecil yang sepertinya diperas.

“Akulah yang harus meminta maaf. Aku tidak tahu banyak tentang situasi Senda-kun dan Asatani-san, tapi aku mengatakan beberapa hal yang egois…”

Asatani-san mengatakan bahwa dia adalah 'mantan pacar' ku.

Takane-san menentangnya, yang jika dipikir-pikir, tampak seperti lompatan keyakinan.

“……..”

Takane-san hendak mengatakan sesuatu, tetapi menghentikan dirinya sendiri.

Pada saat yang sama, dia menyisir rambutnya dan telinganya, yang terlihat, jelas merah.

Sepertinya dia malu untuk mengatakan 'pacar saat ini'.

Aku menyadari dia berani mengatakan sesuatu seperti itu demi diriku.

“Takane-san tidak tahan melihatku melakukan apa yang Asatani-san perintahkan padaku, kan? Itu… 'pacar saat ini'…”

“Itu karena… Asatani-san bilang dia 'mantan pacar' Senda-kun”

“Itulah kebenarannya, jadi dia bebas mengatakan itu. Itu tidak akan menyakitiku atau apa pun”

"Tidak. ......Aku juga mengkhawatirkan Senda-kun, tapi itu adalah sesuatu yang aku katakan karena aku merasa ingin mengatakannya sendiri”

Itu bukan hanya masalah bagiku, itu juga masalah baginya.

Itulah yang dia katakan padaku.

Jika aku tidak bertemu Asatani-san di perpustakaan, Takane-san tetap tidak akan tahu tentang kami.

Bukannya aku takut ketahuan, hanya saja aku tidak berpikir akan mudah untuk memberitahu orang-orang bahwa aku telah dicampakkan atau bahwa kami telah berkencan.

..Dan jika orang tidak tahu, aku tidak perlu terlihat begitu menyedihkan.

Di suatu tempat di benakku, aku terus memikirkan itu.

“Kurasa Asatani-san ingin aku tahu bahwa dia dan Senda-kun sedang berkencan…”

Dengan asumsi bahwa Takane-san benar, mengapa Asatani-san melakukan hal seperti itu?

Aku bertanya-tanya apakah dia punya pikiran ketika dia melihatku dan Takane-san pergi ke sekolah bersama.

Sulit dimengerti mengapa Asatani-san, yang menegur teman-temannya karena menanyakan apakah Takane-san dan aku berkencan, akan melakukan hal seperti itu.

Terlebih lagi, ketika dia memintaku untuk minum teh dengannya, apakah dia akan membicarakan situasiku baru-baru ini dengan Takane-san?

Apakah kita akan berbicara tentang studi kita atau mengenang masa-masa SMP kita?

Bahkan jika itu adalah topik normal antara teman, aku tidak berpikir Asatani-san dan aku bisa membicarakannya secara alami sekarang.

Meski dicampakkan, aku masih berusaha mendukung Asatani-san.

Jika aku mengatakan itu padanya sekarang, itu hanya akan terdengar hampa.

"Aku…"

Takane-san meremas kerah bawah blazernya sendiri.

Dan untuk pertama kalinya setelah beberapa saat, dia menatap lurus ke mataku.

..Dia sangat marah.

Pipinya memerah, dan matanya bahkan basah.

Aku tidak berpikir kamu harus membuat seseorang mengatakan mengapa mereka mencampakkanmu setelah kamu menerima pengakuan mereka. Aku tidak mengerti apa yang dipikirkan Asatani-san ketika dia mengatakan 'mantan pacar'. Tapi kupikir Senda-kun memikirkannya sendiri dan berbicara sendiri untuk Asatani-san…?”

Dia sangat marah tentang semua ini atas diriku.

Aku merasa seperti orang bodoh.

Kupikir jika aku berperan sebagai badut, fakta bahwa aku sangat menyukai Asatani-san dan fakta bahwa kami putus tanpa bisa melakukan apa pun seperti kekasih tidak akan terlalu berat.

Tapi penipuan seperti itu tidak bisa menipu mata Takane-san.

Aku ingat…

Dia mendengarkanku dengan sangat serius sepanjang waktu ketika aku mengatakan kepadanya mengapa aku dicampakkan.

“Kami belum melakukan apa pun yang bisa disebut berkencan. Meski begitu, fakta bahwa kami berkencan tetap ada. Ketika Asatani-san mengatakan 'mantan pacar', itu mungkin karena rasa kewajiban”

“Itu hanya… Asatani-san terlihat senang saat dia duduk di sebelah Senda-kun, dan juga saat dia berbicara denganmu setelahnya. Aku tidak berpikir itu semua hanya akting”

Aku minta maaf karena mengatakan bahwa kita adalah kenalan.

'Nagi-kun, kursimu sangat nyaman.'

Aku masih merasa senang dan sedih dengan setiap kata dari Asatani-san.

Aku tidak tahu apa yang dia pikirkan.

Seperti kucing, aku senang dia memperhatikanku bahkan jika hanya sekedar iseng.

Itu lebih seperti penggemar daripada teman.

“Asatani-san tidak menyangkal bahwa dia telah mencampakkan Senda-kun. Tapi kupikir tidak adil jika dia bertanya kepadaku apa pendapatku tentang perpisahan itu”

“Takane-san…”

Aku tidak kecewa atau marah.

Aku masih akan terus mendukung Asatani-san.

Jika hanya itu yang kurasakan, maka aku tidak perlu khawatir.

Mengapa dia lebih terlibat setelah perpisahan kami?

Setelah dia bilang kita hanya berteman?

Jika kita melakukan perjalanan bersama, mungkin kita tidak akan berpisah.

Aku tidak menanyakan pertanyaan ini kepada Asatani-san, aku hanya membiarkannya membara di benakku.

“Senda-kun, apakah kamu merasa marah terhadap Asatani-san? Dia yang…”

“Bukannya semua yang kukatakan sebelumnya hanya karena aku bersabar atau mencoba memperbaiki keadaan. Hanya saja aku benar-benar berpikir yang terbaik adalah membiarkannya dan berpura-pura semuanya kembali normal. Aku tahu sulit untuk melakukan itu segera, tetapi aku juga tahu aku harus melupakannya”

“Pasti sulit jika Asatani-san berada di kelas yang sama denganmu dan memperlakukanmu dengan jarak seperti itu…”

“Aku tidak bisa membiarkannya begitu saja… Jika arti 'teman' nya berbeda dariku, maka kurasa aku tidak boleh membiarkan diriku terbawa arusnya. Ngomong-ngomong, Takane-san membantuku hari ini, aku akan memastikan tidak akan ada rumor tentang kamu dan aku”

“Rumor…?”

“Itu sebabnya …”

Mata Takane-san masih merah, tapi entah kenapa, dia menatapku dengan aneh.

“Jika apa yang Takane-san katakan sebelumnya menyebar ke seluruh kelas karena kesalahan, itu akan disalahpahami oleh semua orang…”

“Kurasa Asatani-san tidak akan menyebarkan rumor. Dan… Senda-kun, aku tidak ingin terlalu mencolok dengan orang yang… kucintai”

Dia ragu-ragu pada kata 'cinta' dan memerah lagi.

Dan kemudian aku menyadari.

Aku sudah sangat serius sejak beberapa waktu yang lalu, dan Takane-san bahkan lebih serius dan bertekad daripada aku.

Gadis ini…

Aku menyadari bahwa aku kehilangan sesuatu yang sangat besar.

“Itu… 'pacar saat ini' yang Takane-san katakan, itu artinya kamu menganggapku sebagai…”

“……?”

“Artinya kamu suka… Hanya saja aku pikir Takane-san hanya mengatakannya demi diriku, aku tidak berpikir kamu benar-benar merasa seperti itu…”

"Ah…"

Aku mendapatkan segalanya hanya dari reaksi itu.

Takane-san tidak menyadari apa yang dia maksud dengan apa yang dia katakan.

Aku tahu itu.

Tentu saja.

Itu semua terlalu jelas.

Pada dasarnya tidak ada ruang untuk kesalahpahaman sama sekali.

Aku senang dia peduli, tapi tentu saja, ini bukan waktunya untuk merasa tersanjung.

“Jangan khawatir, aku akan memastikan tidak ada kesalahpahaman. Itu sebabnya tidak ada yang…”

Aku bertanya-tanya pada diri sendiri apa yang perlu dikhawatirkan.

Takane-san, yang sudah merah cerah, sekarang bahkan lebih merah dari sebelumnya.

“Em… aku…”

“Aku tahu… Tenang. Aku mengerti…"

"Maafkan aku…!"

Dengan rambut panjangnya yang tergerai, Takane-san berlari.

Aku mendengar suara langkah kaki menuruni tangga.

Aku ditinggalkan sendirian, dan entah bagaimana aku merasa lega.

Pada saat yang sama, aku tidak bisa menahan tawa.

Aku ingin memberi tahu aku yang tiga puluh detik yang lalu bahwa jangan terlalu berharap dan berbicara dengan tenang.

Itu bukan sesuatu yang bisa kamu katakan sambil merasa malu.

Takane-san baru saja berterima kasih padaku.

Seolah sekaleng kopi tidak cukup untuknya, dia melakukan satu hal lagi yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Karena aku berada di bawah belas kasihan Asatani-san, dia tidak tahan melihat itu terjadi dan memutuskan untuk membantuku.

Hal semacam itu bukanlah kebohongan, itu adalah kebaikan tanpa syarat.

Tapi sekali lagi, 'pacar saat ini' agak berani.

Aku mungkin tidak tahu wajah apa yang harus dibuat ketika aku berbicara dengannya sebentar, tetapi mau bagaimana lagi.

Takane-san benar-benar bunga yang tak terjangkau.

Aku hanya duduk secara diagonal di belakangnya, dan hanya itu.

“…. Ha ha. Apa yang kupikirkan…”

Mungkin dia melihatku dalam cahaya spesial dan apa yang dia katakan bukan hanya kata-kata mendadak.

Pikiran seperti itu... Itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Aku hanya lewat dan membantu Takane-san, yang sedang dalam masalah.

Itu tidak ada hubungannya dengan suka, tidak suka, atau berkencan dengannya.

Itulah yang terus kukatakan pada diri sendiri, mungkin karena aku terkejut dalam lebih dari satu cara.

Untuk beberapa alasan, situasinya sepertinya Takane-san menolakku meskipun aku tidak mengaku padanya, sebenarnya persis seperti itu.

Tapi kemudian aku mulai mengingat kejadian yang terjadi sejak aku bertemu Takane-san, satu per satu sampai sekarang.

“Tidak mengherankan kalau aku salah paham. Itu agak naif, bukan?”

Aku baru saja dicampakkan dan semakin dekat dengan gadis yang berbeda dan aku mengharapkan sesuatu darinya.

Aku tidak perlu berpikir untuk mengetahui bahwa itu tidak mungkin.

Sebagai cara penebusan, aku ingin menjauh dari cinta dan hal-hal semacam itu mulai sekarang.

Aku telah menyadari bahwa aku bahkan tidak memiliki hak untuk memikirkan hal-hal seperti itu sekarang.

 

※※※※※

 

POV Kiri

"Ya. Maafkan aku. Aku pergi sekarang… Tolong sampaikan salamku pada Iida-sensei”

Aku menerima telepon dari manajerku, Kohira Kodaira, di luar perpustakaan dan meminta maaf dengan suara rendah.

Jika aku segera pergi, aku akan tepat waktu untuk pelajaranku di sekolah pelatihan.

Tetapi aku menundanya karena beberapa alasan pribadi dan terjepit sesuatu.

Lida-sensei, instruktur aktingku, memperhatikanku dan pasti akan khawatir jika aku istirahat dari sekolah pelatihan.

Aku harus muncul sekarang, tapi aku tidak bisa bergerak dari tempat itu untuk beberapa saat setelah aku meninggalkan Nagi-kun.

“Ah… aku tidak tahu apa yang aku lakukan”

Aku tidak ingin mengganggu mereka berdua.

Memang benar aku datang untuk menemui Watanabe-san.

Kami juga sepakat bahwa jika waktunya tidak tepat, kami akan bertemu besok sebagai gantinya.

Jadi aku pergi ke perpustakaan, berpikir bahwa Nagi-kun dan Takane-san bersama.

Aku berharap aku bisa lebih jujur, tetapi aku mengatakan sesuatu yang tampaknya menguji mereka berdua.

Saat aku melihat ekspresi wajah Nagi-kun yang mengatakan dia tidak tahu apa yang kupikirkan, aku berharap dia tidak melihatku seperti itu, tapi di saat yang sama aku merasa tidak apa-apa, dan kepalaku pusing penuh kontradiksi.

“Meskipun akulah yang memintanya untuk memberitahuku. Aku tidak mengerti…"

Aku tidak berharap itu akan begitu cepat.

Aku tahu bahwa jika seseorang memperhatikan bagian baik Nagi-kun, itu akan terjadi pada akhirnya.

Tetap saja, aku bahkan tidak bisa mengucapkan selamat, aku hanya menggumamkannya dengan suara yang bisa diredam oleh lonceng.

–Kenapa kamu tidak marah padaku?

Jika dia mendengarnya, itu akan menjadi akhir dari segalanya.

Sejak aku mulai berkencan dengan Nagi-kun, aku telah melakukan hal-hal yang akan membuatnya marah, tapi dia tetap tertawa dan memaafkanku.

Dia bahkan tidak berpikir bahwa aku telah melakukan sesuatu untuk membuatnya marah.

Nagi-kun tidak marah saat aku bilang 'teman'.

Mengetahui bahwa dia terluka, aku mengirim pesan dengan tidak peka, dan tetap…..

Dibandingkan denganku, Takane-san hanya menghabiskan waktu singkat dengan Nagi-kun, tapi dia sangat peduli padanya.

Dia bahkan menyatakan perang terhadapku untuk melindungi Nagi-kun.

Tapi aku tidak akan memberinya perlawanan.

Aku adalah seorang 'mantan pacar'.

Seorang teman belaka tidak akan bersaing dengan 'pacar saat ini'.

Jadi meskipun Nagi-kun tidak tahu apa yang kupikirkan, itu tidak masalah.

"Aku ingin tahu apakah kita bisa akur... Sulit untuk mengatakannya"

Aku berjanji pada Takane-san bahwa aku akan melakukan tes kebugaran besok bersama dengannya.

Aku tidak menyukainya.

Dari saat dia menyampaikan pidatonya sebagai perwakilan mahasiswa baru, kupikir dia hebat karena dia memiliki banyak hal yang tidak kumiliki.

Tapi sekarang, hanya sedikit lagi.

Aku tidak bisa lagi mengagumi Takane-san.

Aku tidak berpikir itu benar bahwa dia berkencan dengan Nagi-kun.

Nagi-kun terkejut tapi meski begitu, dia mencoba memisahkan aku dan Takane-san, membawanya bersamanya.

Jika itu masalahnya, mereka mungkin akan mendiskusikannya di suatu tempat yang aku tidak dapat melihat mereka dan kemudian pulang secara terpisah.

Aku melihat ke tempat parkir sepeda dari jendela di lorong sekolah.

–Nagi-kun ada di sana sendirian.

Itu seperti yang kupikirkan.

Terlalu tiba-tiba baginya untuk putus begitu saja denganku dan langsung berkencan dengan Takane-san.

Aku memutuskan untuk menonton Nagi-kun sampai dia naik sepeda dan pergi.

Aku berada di lantai dua, tapi Nagi-kun tidak menyadari kehadiranku.

“Begitu… Jadi seperti itu…”

Seorang gadis ramping dan tinggi dengan gaya yang luar biasa baik.

Takane-san muncul dari sudut gedung sekolah dan berjalan menuju Nagi-kun.

Meskipun dia tidak naik sepeda ke sekolah, Takane-san kembali meskipun dia dan Nagi-kun sudah berpisah.

Aku bisa membayangkan banyak alasan untuk ini, tetapi aku tahu itu hanya bisa berarti satu hal.

Rambut panjangnya tampak bersinar dalam cahaya oranye.

Itu seperti adegan dari film.

Rambutnya selalu begitu halus dan lurus.

Dia memutuskan untuk melakukan sesuatu yang sedikit berbeda hari ini.

Aku bertanya-tanya berapa banyak orang yang akan memperhatikan.

Aku yakin… itu untuk dilihat oleh Nagi-kun.

Nagi-kun memperhatikan bahwa Takane telah datang.

Keduanya bertukar beberapa kata.

“…….”

Aku menjauh dari jendela, tidak ingin melihat lebih jauh.

Refleksi diriku di jendela bukanlah sesuatu yang bisa kutunjukkan kepada siapa pun.

 

Prev || Index || Next

Komentar